Catatan, trik, download, tentang dunia pendidikan, komputer


Sabtu, 15 Januari 2022

CONTOH SOAL PPPK BAHASA INDONESIA

Posted by on Sabtu, 15 Januari 2022

This post was republished to - at 21.06.53 11/03/2021

SOAL PPPK PROFESIONAL MAPEL BAHASA INDONESIA

 

 

1

Sebagai  guru yang profesional, kita harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.

Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran

adalah...

 

A

Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya.

 

B

Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan  pembelajaran.

 

C

Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

 

D

Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK

 

E

Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran dan materi pembelajaran apapun

2

Seorang guru ingin membelajarkan materi teks diskusi dengan menggunakan

strategi pembelajaran kooperatif. Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah…

 

A

Orientasi, bekerja kelompok, evaluasi, penghargaan kelompok

 

B

Tujuan, bekerja kelompok, evaluasi, penghargaan kelompok

 

C

Orientasi, menyajikan informasi, bekerja kelompok, pembimbingan, evaluasi, penghargaan kelompok

 

D

Penghargaan kelompok, orientasi, evaluasi, presentasi

 

E

Orientasi, bekerja kelompok, presentasi, evaluasi, penghargaan kelompok

3

Seorang guru akan melaksanakan pembelajaran dengan model project based learning. Adapun langkah-langkah pembelajaran project based learning adalah….

 

A

Mendesain perencanaan proyek, Menyusun jadwal, Memonitor peserta didik, Pengujian hasil, Evaluasi dan refleksi

 

B

Mendesain perencanaan proyek, Menentukan pertanyaan mendasar, Menyusun jadwal, Memonitor peserta didik, Pengujian hasil, Evaluasi dan refleksi

 

C

Menentukan pertanyaan mendasar, Mendesain perencanaan proyek, Menyusun jadwal, Memonitor peserta didik, Evaluasi dan refleksi, Pengujian hasil

 

D

Menentukan pertanyaan mendasar, Mendesain perencanaan proyek, Menyusun jadwal, Memonitor peserta didik, Pengujian hasil, Evaluasi dan refleksi

 

E

Mendesain perencanaan proyek, Menentukan pertanyaan mendasar, Menyusun jadwal, Memonitor peserta didik, Evaluasi dan refleksi, Pengujian hasil

4

Model pembelajaran ini lebih menekankan pada proses belajar kelompok. Tujuan yang diharapkan  bukan hanya kemampuan akademik saja melainkan menumbuhkan adanya kerja sama untuk penguasaan materi secara bersama-sama. Sehingga menumbuhkan rasa sosial yang tinggi diantara siswa.

Model pembelajaran sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….

 

A

Kooperatif

 

B

Project based learning

 

C

Problem based leaning

 

D

Inquiry

 

E

Discovery learning

5

Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

1)      Mengorganisasi siswa

2)      Membimbing penyelidikan

3)      Analisis dan evaluasi

4)      Mengembangkan hasil karya siswa

5)      Orientasi pada masalah

Jika langkah-langkah di atas disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem based learning, maka urutan yang tepat adalah….

 

 

A

1-3-2-4-5

 

B

5-2-1-4-3

 

C

1-5-4-2-3

 

D

1-2-3-4-5

 

E

5-1-2-4-3

6

Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi atau eksperimen guna mencari jawaban maupun memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan berpikir kritis dan logis merupakan pemilihan strategi pembelajaran….

 

 

A

kooperatif  

 

B

discovery

 

C

inquiry

 

D

kontekstual

 

E

Problem based learning

7

Sebagai seorang guru,  mencari materi dan media dari internet untuk  menyusun rencana pembelajaran (RPP) yang akan disampaikan pada proses pembelajaran merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh  agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran. Langkah tepat yang dapat dilakukan oleh seorang guru dalam mencari materi dan media ini adalah….

 

 

A

Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran

 

B

Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator

 

C

Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu

 

D

Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan

 

E

Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik

8

Bu Tina telah merancang sebuah instrumen penilaian yang akan digunakannya di kelas saat proses pembelajaran bahasa Indonesia tentang pembuatan poster lingkungan hidup. Bu Tina telah menyusun rubrik penilaian.  Hal-hal yang  harus diperhatikan  pada rubric yang disusun, adalah ….

 

 

A

kriteria ketuntasan minimal, pedoman penggunaan, gradasi skor

 

B

pedoman perhitungan skor, kunci jawaban, ketepatan deskripsi

 

C

ketepatan deskripsi, pedoman penggunaan, kunci jawaban

 

D

kejelasan kriteria, tingkatan skor, ketepatan deskripsi

 

E

kejelasan kriteria, gradasi skor, kriteria ketuntasan minimal

9

RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan satu kali pertemuan atau lebih. Dalam Permendikbud No 22 tahun 2016, secara tegas menjelaskan komponen minimal RPP terdiri atas….

 

A

Identitas Sekolah, Identitas Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, penilaian

 

B

Identitas Sekolah, Identitas Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, Penilaian

 

C

Identitas Sekolah, Identitas Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran,  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, Penilaian

 

D

Identitas Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, Penilaian

 

E

Identitas Sekolah, Identitas Mata Pelajaran, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Sumber Belajar, Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, Penilaian

10

Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat adalah….

 

A

Menemukan unsur-unsur teks cerita narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.

 

B

Menyebutkan unsur-unsur teks cerita narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.

 

C

Mengartikan unsur-unsur teks cerita narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.

 

D

Membedakan unsur-unsur teks cerita narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.

 

E

Menguraikan unsur-unsur teks cerita narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar.

11

Rumusan indikator yang tepat untuk kompetensi dasar “mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan “ adalah menguraikan  informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. Indikator kompetensi ini berada tataran kognitif….

 

A

C2

 

B

C3

 

C

C4

 

D

C5

 

E

C6

12

Rancangan pembelajaran berdasarkan KD 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar) dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator pencapaian kompetensi. Berikut merupakan indikator pencapaian kompetensi yang tidak sesuai adalah….

 

A

Menjelaskan struktur kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/disaksikan.

 

B

Menyebutkan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster

 

C

Menelaah pola penyajian teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar/disaksikan

 

D

Menelaah struktur kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

 

E

Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster

13

Seorang guru membuat rancangan pembelajaran  KD 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. Tujuan pembelajaran yang tepat sesuai prinsip ABCD adalah….

 

A

Melalui pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster serta terampil menulis iklan, slogan, dan/atau poster dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.

 

B

Peserta didik diharapkan dapat menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster serta terampil menulis iklan, slogan, dan/atau poster dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.

 

C

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan dapat menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster.

 

D

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan dapat menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster serta teliti dalam kebahasaan yang tepat.

 

E

Melalui pendekatann saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan dapat menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster serta terampil menulis iklan, slogan, dan/atau poster dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.

14

Rancangan pembelajaran berdasarkan KD 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar) dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator pencapaian kompetensi.

Teknik penilaian hasil pembelajaran aspek sikap untuk KD 3.4 tersebut yang tepat adalah….

 

A

Produk

 

B

Tes Uraian

 

C

Tes tertulis

 

D

pengamatan

 

E

penugasan

15

Salah satu konsep aliran struktural yang menyatakan bahwa keseluruhan sistem tanda yang berfungsi sebagai alat komunikasi verbal antara para anggota suatu masyarakat bahasa yang sifatnya abstrak disebut ...

 

A

Parole

 

B

Significant

 

C

Langue

 

D

Signifie

 

E

komunikasi

16

Upaya merancang pengayaan bagi siswa yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut, yaitu….

 

A

Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dengan tingkat variasi tinggi berikut instrumen tes yang sesuai.

 

B

Memberikan tambahan materi berupa sumber belajar dari pengarang yang berbeda.

 

C

Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi.

 

D

Memberikan materi ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang lebih tinggi.

 

E

Memberikan latihan soal dengan tingkat kesukaran yang sama atau lebih tinggi.

17

Dasar rancangan program remidial bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar adalah...

 

A

Sasaran terpenting program remedial adalah ketercapaian kompetensi.

 

B

Proses pengajaran remedial adalah proses belajar mengajar biasa.

 

C

Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan tes diagnostik.

 

D

Strategi yang dipilih hanya berbentuk tes ulang dengan soal yang sama.

 

E

Pelaksanaan remedial bebas sesuai keinginan guru.

18

Seorang guru akan menulis karya ilmiah dengan topik pendidikan karakter bangsa bagi peserta didik SMP.

Kerangka inti karya ilmiah tersebut yang baik berdasarkan topik tersebut adalah ...

 

A

Pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik SMP, sasaran pendidikan karakter bangsa bagi peserta didik SMP, langkah pendidikan karakter peserta bagi didik SMP, bentuk pendidikan karakter bangsa.

 

B

Pentingnya pendidikan karakter bagi peserta didik SMP, bentuk pendidikan karakter bangsa bagi peserta didik SMP, langkah pendidikan karakter peserta bagi didik SMP, sasaran pendidikan karakter bangsa.

 

C

Bentuk pendidikan karakter bagi peserta didik SMP, pentingnya pendidikan karakter bangsa bagi peserta didik SMP, langkah pendidikan karakter peserta bagi didik SMP, sasaran pendidikan karakter bangsa.

 

D

Sasaran pendidikan karakter bagi peserta didik SMP, pentingnya pendidikan karakter bangsa bagi peserta didik SMP, langkah pendidikan karakter peserta bagi didik SMP, bentuk pendidikan karakter bangsa.

 

E

Sasaran pendidikan karakter bagi peserta didik SMP, bentuk pendidikan karakter bangsa, pentingnya pendidikan karakter bangsa bagi peserta didik SMP, langkah pendidikan karakter peserta bagi didik SMP,

19

Salah satu upaya guru dalam melaksankan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain ….

 

A

Guru melakukan introspekksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru.

 

B

Guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional.

 

C

Guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada.

 

D

Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan

 

E

Guru ingin menguji ketepatan metode pembelajaran yang digunakan

20

Seorang guru akan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk menemukan kebutuhan siswa. Untuk itu, guru tersebut harus memperhatikan hal-hal yang mendukung pandangan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu….

 

 

A

Semua siswa pada dasarnya memiliki kekuatan dalam bidang yang sama.

 

B

Semua siswa pada dasarnya memiliki karakter yang sama.

 

C

Semua siswa dapat belajar jika ada stimulus.

 

D

Setiap memulai topik pembelajarn yang baru, semua siswa lupa topik sebelumnya.

 

E

Setiap siswa belajar dengan cara yang berbeda, pada waktu yang berbeda pula

21

Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif sebagai berikut:

1)      Aplikasi

2)      Ingatan

3)      Analisis

4)      Pemahaman

5)      Sintesis

6)      Evaluasi

Urutan ranah kognitif yang tepat adalah….

 

 

A

2-3-4-1-5-6

 

B

4-2-1-3-6-5

 

C

2-4-1-3-5-6

 

D

4-5-2-3-1-6

 

E

1-2-3-4-5-6

22

Di ruang laboratorium bahasa tersedia berbagai macam peralatan yang berdebu dan agak usang. Peralatan ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya peralatan tersebut dapat dipilih dan digunakan. Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah….

 

 

A

Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

 

B

Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan

 

C

Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.

 

D

Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.

 

E

Materi pembelajaran, tujuan, biaya, kondisi peserta didik, misi sekolah

23

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang telah ditentukan untuk mengukur keberhasilan belajar siswa. Untuk menentukan KKM perlu memperhatikan faktor-faktor….

 

 

A

Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa

 

B

Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

 

C

Kompleksitas indikator, daya dukung, kemampuan guru

 

D

Kemampuan guru, daya dukung, intake siswa

 

E

Sarana prasarana, daya dukung, kemampuan guru

24

Salah satu teknik penilaian yang dapat dilakukan oleh seorang guru adalah menggunakan teknik portofolio. Teknik portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….

 

 

A

Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan setiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan tes remedial

 

B

Mengarsipkan tugas-tugas siswa secara menyeluruh dan dibagikan di akhir semester.

 

C

Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa dari awal hingga akhir semester.

 

D

Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa, kemudian dibagikan kepada mereka.

 

E

Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

25

Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus memenuhi prinsip valid, reliable, objektif, akuntabel, sistematis, dan adil. Prinsip penilaian akuntabel berarti….

 

A

Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.

 

B

Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

 

C

Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku.

 

D

Penilaian dilakukan secara jujur, apa adanya, tanpa dipengaruhi oleh aspek lain.

 

E

Penilaian dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang cermat dan tepat sesuai fungsi ukurnya.

26

Kutipan cerita berikut  yang merupakan struktur  resolusi cerita narasi adalah....

 

A

Tiga rumah bergaya kerucut menyambut mataku. Ketika aku memandang satu per satu, ternyata rumah itu memiliki model yang sama. Hanya satu yang membedakan ketiga rumah itu, yaitu warna pintunya.

 

B

Pak Raden mengambil cangkul yang ada di sampingnya, dan mengarahkan kepada harimau itu. Lalu tembuslah cangkul itu di perut harimau, kemudian harimau itupun mati. Setelah berhasil membunuh harimau itu, Pak Raden mengangkat bayi itu dan membawanya pulang bersamanya untuk diurus dan di angkat menjadi anaknya.

 

C

Alien itu berhidung mancung. Dengan hidungnya yang menjulang ia mengendus sekeliling. Sepertinya ia bingung dan mencoba mengenali tempat itu. Matanya yang sebesar biji kemiri berkedip-kedip memamerkan cahaya kehijauan.

 

D

Pasukan terdepan dari binatang-binatang hutan segera mengepung para serigala dengan lemparan bola api. Pasukan serigala sempat kaget tak percaya, karena korban berjatuhan di pihak mereka karena lemparan bola api. Namun pemimpin pasukan serigala kembali mengatur siasat pada posisi menyerang.

 

E

Di dalam sebuah gubuk yang tua, terdapat seorang gadis yang bernama Elisa beserta ibu dan adiknya tinggal di dalamnya. Ayah Lisa sudah meninggal sehingga ibunyalah yang menjadi tulang punggung keluarga. Elisa juga tidak sekolah lagu dan membantu ibunya sebagai pekeja di tetangganya yang mempunyai rumah besar. Namun pada suatu hari, pada saat ia hendak berangkat bekerja Elisa melihat seorang kakek tua.

27

Bacalah dengan cermat kutipan cerita imajinasi berikut!

Alkisah di sebuah desa di lereng lembah Gianti, pada suatu malam lahirlah seorang bayi dari rahim seorang perempuan miskin. Perempuan miskin itu hidup sendirian dan tidak ada yang warga mengetahui bahwa dia sedang hamil. Ketika bayi itu lahir, hujan lebat beserta petir sedang melanda. Tepat pada tengah malam, sang bayi lahir bersamaan dengan petir yang menyambar  rumah perempuan itu. Perempuan itu terbakar dan secara  ajaib, sang bayi selamat. Ia ditemukan oleh seorang petani dan diasuh hingga dewasa. Ia diberi nama Jaka Gledek.

Kalimat yang menunjukkan latar tempat pada teks narasi di atas adalah …

 

A

Kesatu

 

B

Kedua

 

C

Ketiga

 

D

Keempat

 

E

Kelima

28

Bacalah dengan cermat kutipan cerita narasi berikut!

Darko memiliki pembawaan sikap yang ramah, tidak mengherankan jika orang-orang kampung segera merasa akrab dengan dirinya. Dia suka pula menceritakan kisah lucu di sela pijatannya. Hatinya sangat  tulus dalam melayani pelanggannya. Meskipun begitu, kami tetap tidak tahu asal usulnya dengan jelas. Jika kami menanyakan hal  itu, dia selalu mengatakan bahwa dirinya berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung.

Berikut kalimat yang menggunakan kata ganti orang orang pertama jamak adalah....

 

A

Darko memiliki pembawaan sikap yang ramah, tidak mengherankan jika orang-orang kampung segera merasa akrab dengan dirinya.

 

B

Dia suka pula menceritakan kisah lucu di sela pijatannya.

 

C

Hatinya sangat  tulus dalam melayani pelanggannya.

 

D

Dia selalu mengatakan bahwa dirinya berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung.

 

E

Meskipun begitu, kami tetap tidak tahu asal usulnya dengan jelas.

29

Bacalah dengan cermat kutipan cerita narasi berikut!

Darko memiliki pembawaan sikap yang ramah, tidak mengherankan jika orang-orang kampung segera merasa akrab dengan dirinya. Dia suka pula menceritakan kisah lucu di sela pijatannya. Hatinya sangat  tulus dalam melayani pelanggannya. Meskipun begitu, kami tetap tidak tahu asal usulnya dengan jelas. Jika kami menanyakan hal  itu, dia selalu mengatakan bahwa dirinya berasal dari kampung yang jauh di kaki gunung.

Pola pengembangan yang digunakan dalam teks narasi di atas adalah....

 

A

Pengembangan dengan deskripsi latar

 

B

Pengembangan dengan konflik

 

C

Pengembangan dengan sebab akibat

 

D

Pengembangan dengan pengenalan tokoh

 

E

Pengembangan dengan mengubah latar

30

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Seorang guru harus memiliki kompetensi profesional (bidang studi), kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial. Kompetensi pedagogik terdiri atas enam subkompetensi yaitu kemampuan memahami potensi peserta didik, kemampuan memahami cara belajar peserta didik, kemampuan memberi gambaran pekerjaan pada peserta didik, kemampuan merencanakan pembelajaran yang mendidik, kemampuan melaksanakan interaksi belajar mengajar di kelas, dan kemampuan mengevaluasi. Kompetensi kepribadian terdiri atas empat subkompetensi yaitu kepribadian mantap, kepribadian dewasa, kepribadian mulia, dan kemandirian. Sedangkan kompetensi sosial terdiri atas tiga subkompetensi yaitu kerja sama, komunikasi, dan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan.

Penyebab teks tersebut termasuk paragraf yang kurang sempurna adalah ...

 

A

Ide pokoknya tidak jelas

 

B

Tidak memiliki kalimat penjelas

 

C

Kalimat penjelasnya tidak lengkap

 

D

Struktur kalimat tidak lengkap

 

E

Tidak memiliki kalimat utama/kalimat topik

31

Perhatikan pernyataan yang disampaikan dalam diskusi berikut!

“Sertifikasi guru dilakukan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.  Melalui sertifikasi, diharapkan akan tersaring guru-guru yang berkualitas. Guru yang belum tersertifikasi diharapkan akan meningkatkan kualitasnya”

Pertanyaan yang paling tepat disampaikan dalam diskusi adalah….

 

A

Apa yang dimaksud dengan sertifikasi guru?

 

B

Kapan guru yang belum tersertifikasi dapat meningkatkan kualitasnya?

 

C

Mengapa sertifikasi guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran?

 

D

Kapan tunjangan sertifikasi diberikan?

 

E

Mengapa sertifikasi guru perlu dilakukan?

32

Bupati Semarang akan mendaftarkan guru di sekolah swasta untuk mengikuti diklat yang ditawarkan oleh Balai Diklat Provinsi.

Pembuka surat yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...

 

A

Sehubungan dengan surat nomor 17/B/BD/2020 tanggal 15 Oktober 2020, kami mengirimkan peserta diklat yang Anda tawarkan.

 

B

Dalam rangka menjalin kerja sama dengan lembaga Anda, dengan ini kami daftarkan guru di sekolah swasta kami untuk mengikuti diklat yang Anda tawarkan

 

C

Memperhatikan surat Saudara nomor 17/B/BD/2020 tanggal 15 Oktober 2020, kami sampaikan nama-nama berikut ini untuk didaftar sebagai peserta diklat.

 

D

Sehubungan dengan surat Saudara nomor 17/B/BD/2020 tanggal 15 Oktober 2020, kami menyampaikan daftar nama peserta diklat (seperti terlampir).

 

E

Bersamaan dengan surat Saudara nomor 17/B/BD/2020 tanggal 15 Oktober 2020, kami menyampaikan daftar nama peserta diklat (seperti terlampir).

33

Bacalah paragraph berikut dengan cermat!

Dua pekan mendatang, ketiga siswi itu ... masa persiapan di Jakarta karena akhir Juli mereka ... ke sekolah masing-masing. Erin mestinya senang, tetapi muncul masalah. la dan keluarganya bingung memikirkan biaya untuk mengurus berbagai dokumen serta membeli beberapa buku, kamus, dan pakaian yang diperlukan di sekolah baru. Menyadari kondisi keuangan keluarganya yang amat pas-pasan, Yayasan Schlumberger ... semua pengeluaran Erin tersebut.

Frasa kerja (frasa verba) yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adala .....

 

A

mulai dijalani, harus memberangkatkan, sudah ditutup

 

B

mulai dijalankan, harus memberangkatkan, akan ditutup

 

C

mulai jalankan, harus berangkat, akan menutup

 

D

mulai menjalani, harus berangkat, akan menutup

 

E

mulai menjalani, harus diberangkatkan, akan ditutup

34

Cermati paragraf berikut dengan saksama!

(1) Tawuran merupakan bentuk ekspresi frustrasi atau kekecewaan. (2) Ketika orang yang merasa kecewa tersebut bergabung dalam kelompok massa, akan mudah terpengaruh dan tersulut emosinya. (3) Frustrasi itu sifatnya subjektif, artinya tidak setiap pelajar mengalami frustrasi. (4) Penyebab frustrasi beragam. (5) Karena permasalahan di rumah yang terakumulasi atau sistem di sekolah, anak bisa menjadi frustrasi.

Kalimat majemuk yang letak anak kalimat mendahului induk kalimat terdapat 

pada kalimat nomor ....

 

A

(2) dan (5)

 

B

(2) dan (4)

 

C

(2)  dan (3)

 

D

(1)  dan (3)

 

E

(3) dan (4)

35

Bacalah puisi berikut ini dengan cermat!

 

                                                AKU INGIN

 

            (Sapardi Djoko Damono)

 

            Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:

            Dengan kata yang tak sempat diucapkan

            Kayu kepada api yang menjadikannya abu

 

            Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:

            Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan

            Awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

 

Dalam puisi tersebut, Sapardi menggunakan imaji visual. Imaji visual yang terdapat dalam puisi “Aku Ingin” tersebut ditunjukkan oleh ...

 

A

dengan isyarat yang tak sempat disampaikan

 

B

kayu kepada api yang menjadikannya abu

 

C

aku ingin mencintaimu dengan sederhana

 

D

dengan kata yang tak sempat diucapkan

 

E

Aku ingin

36

Bacalah puisi berikut dengan cermat!

            KEMARAU PANAS

 

    Musim kemarau panas

    Rumput-rumput tidur ... (1)

    Kepala-kepala berpayung tangan berlari ... (2)

    Tanah mengeriput memberi ruang udara ... (3)

 

Puisi tersebut akan menjadi puisi yang indah jika kata-kata yang rumpang dilengkapi dengan kata-kata berima ....

             

 

A

(1) suri, (2) lari, (3) lagi

 

B

(1) mengenas, (2) bergegas, (3) bermalas

 

C

(1) mati, (2) lari, (3) berseri

 

D

(1) malu, (2) sayu, (3) keliru

 

E

(1)    lama, (2) kemari, (3) sendu

37

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Teks I  

Saat liburan yang lalu, kami sekeluarga berkunjung ke Eling Bening. Kami berangkat pagi. Setelah 2 jam perjalanan sampailah di lokasi wisata Eling Bening. Tepat pukul 09.00, kami sudah mengantre tiket masuk ke area Eling Bening. Hingga siang hari, kami tak bosan menikmati pemandangan Rawa Pening dan Gunung Ungaran.

           

Teks II

Lokasi wisata Eling Bening berada di puncak bukit dengan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Dari tempat ini, kita dapat melihat hamparan sawah, Rawa Pening, dan Gunung Ungaran. Eling Bening menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Semarang yang banyak dikunjungi wisatawan lokal.

 

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah dengan urutan....

 

A

Teks I : tempat                          Teks II : waktu

 

B

Teks I : sebab-akibat                Teks II : Tempat

 

C

Teks I : waktu                             Teks II : tempat

 

D

Teks I : akibat-sebab                 Teks II : waktu

 

E

Teks I : waktu                              Teks II : sebab-akibat

38

Bacalah teks berikut dengan cermat!

 

            Dengan rasa penasaran, aku seorang diri pergi ke rumah sakit terdekat. Aku mulai menceritakan semua keluhanku pada dokter. Awalnya aku tak percaya dokter mengatakan aku mengidap penyakit yang mematikan ini, kanker paru-paru. Aku sangat terpukul saat itu.

            Seharian penuh aku mengurung diri di kamar dengan tangisan yang tak henti-hentinya. Saat itu, aku merasa semua impianku sirna. Kata dokter, kemungkinan kecil aku bisa sembuh. Aku sempat putus asa. Aku tak tahu, harus dengan cara apa aku bisa sembuh dari penyakit ini.

            Tiga bulan kemudian, sakitku bertambah parah. Tapi, aku pasrah pada keadaanku. Kini, apa yang menimpaku kuserahkan kepada Tuhan. Aku masih berharap bisa sembuh seperti sediakala.

Makna kata terpukul pada paragraf pertama teks tersebut adalah....

 

A

Kena pukulan

 

B

Tidak berdaya

 

C

Sangat lemah

 

D

Sangat menderita

 

E

Sangat sedih

39

Bacalah dua kutipan teks berikut dengan cermat!

Teks I

Di sebuah hutan yang damai dan tenang, tinggallah seekor anjing hutan yang sangat nakal. Setiap hari kerjaannya hanya  mengusili penghuni hutan lainnya. Pada suatu hari, si Anjing bertemu dengan Pak Gajah. Dalam hati, anjing hutan berpikir, “Saya kerjain saja pak Gajah, tapi bagaimana caranya, ya?” Si Anjing hutan berpikir keras dan tiba-tiba ada ide nakal sampai di kepalanya. ”Saya pura-pura saja lari ke arah Pak Gajah sambil berteriak, “Pak Jerapah ngamuuukkk!” Hehehe.......

 

Teks II

Dua ekor banteng berkelahi dengan sengitnya di dekat suatu rawa-rawa. “Eh...berani sekali kau menantang aku!” ujar banteng bertanduk panjang, “Kau pasti akan kalah, tandukku lebih panjang.”

“Jangan banyak cakap, ayo maju kalau berani. Aku tidak takut meski tandukku lebih pendek,” lawan banteng tak kalah sengit.

Katak tua yang hidup di rawa-rawa menjadi gemetar ketakutan saat melihat perkelahian sengit itu.

 

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut diawali dengan....

 

A

Teks I  :    pengenalan                Teks II  : konflik

 

B

Teks I  :    klimaks                        Teks II  : konflik

 

C

Teks I  :    pengenalan                Teks II  : peleraian

 

D

Teks I  :    klimaks                        Teks II  : pengenalan

 

E

Teks I  :    pengenalan                Teks II  : klimaks

40

Perhatikan teks prosedur berikut dengan cermat!

 

1.         Aduk rata ayam, udang, dan bahan-bahan lainnya!

2.         Oles dengan air dan taburi dengan wortel!

3.         Kukus selama 25 menit sampai matang!

4.         Ambil selembar kulit siomay kemudian isi dan lipat sisinya!

5.         Tambahkan tepung sagu kemudian aduk rata!

6.         Siomay siap disajikan!

 

Urutan yang tepat teks prosedur tersebut adalah....

 

A

1-5-3-2-4-6

 

B

5-4-1-2-3-6

 

C

1-2-5-4-3-6

 

D

1-5-4-2-3-6

 

E

4-5-1-2-3-6

41

Perhatikan kalimat-kalimat berikut dengan cermat!

 

1.       Tidak ada satu manusia pun yang senantiasa berada dalam suasana yang bahagia seumur hidup atau berduka seumur hidup.

2.       Ini merupakan kunci akan harus dipakai untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan yang diinginkan.

3.       Elizabeth Bathory merupakan salah satu anggota dari keluarga terkaya dan paling berpengaruh di Hungaria pada abad ke-16.

4.       Persaingan perbankan ketat agar supaya memasarkan produknya membuat mereka mencari untuk mendekatkan diri dengan konsumen.

5.       Kebutuhan ikan menjelang hari raya Lebaran diperkirakan meningkat sekitar 20 persen dari kebutuhan normal.

Kalimat yang tidak efektif ditandai nomor….

 

 

A

1 dan 3

 

B

1 dan 5

 

C

3 dan 4

 

D

2 dan 5

 

E

2 dan 4

42

Bacalah teks  berikut dengan cermat!

 

Sampah alam merupakan sampah yang di produksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering dihutan yang terurai menjadi tanah. Sampah manusia adalah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin. Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negativ bagi kesehatan manusia karena dapat di katakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang di sebabkan oleh firus dan bakteri.

Perbaikan ejaan yang tepat pada teks tersebut adalah....

 

A

diproduksi, di gunakan, negatif, dikatakan, disebabkan, virus

 

B

diproduksi, di hutan, dikatakan, disebabkan, virus, bacteri

 

C

diproduksi, di hutan, negatif, dikatakan, disebabkan, virus

 

D

di uraikan, di hutan, negatif, veses, urine, dikatakan

 

E

Diuraikan, di hutan, veses, urine, disebabkan, virus

43

Cermati teks berikut!

“Siapakah kalian ini? Betulkah dapat membuat wajahku kembali cantik?” tanya Bulan Jelita dengan penuh keheranan. “Kami adalah utusan Dewi Bulan. Kami diminta untuk membawamu ke sini karena kau gadis baik hati,” kata kunang-kunang.  Bulan Jelita kemudian menunggu di tepi danau di tengah hutan dengan perasaan tidak karuan, khawatir, takut, dan heran. Kunang-kunang yang tadinya menjadi penerang Bulan Jelita satu demi satu terbang ke langit dan menghilang.

Pengubahan teks cerita tersebut menjadi sudut pandang yang berbeda adalah …

 

A

Dia terheran mendapati banyak kunang-kunang di sekelilingnya. “Siapakah kalian ini? Betulkah dapat membuat wajahku kembali cantik?” tanyaku. “Kami adalah utusan Dewi Bulan. Kami diminta untuk membawamu ke sini karena kau gadis baik hati”, kata kunang-kunang. Perasaanku campur aduk, antara takut, khawatir, dan heran. Namun, kuberanikan diri menunggu di tepi danau di tengah hutan. Kunang-kunang yang tadi menemaniku pun satu per satu terbang ke langit dan menghilang, meninggalkanku sendiri dalam kegelapan.

 

B

Aku terheran mendapati banyak kunang-kunang di sekelilingnya. “Siapakah kalian ini? Betulkah dapat membuat wajahnya kembali cantik?” tanyanya. “Kami adalah utusan Dewi Bulan. Kami diminta untuk membawamu ke sini karena kau gadis baik hati”, kata kunang-kunang. Perasaanku campur aduk, antara takut, khawatir, dan heran. Namun, kuberanikan diri menunggu di tepi danau di tengah hutan. Kunang-kunang yang tadi menemaniku pun satu per satu terbang ke langit dan menghilang, meninggalkanku sendiri dalam kegelapan.

 

C

Dia terheran mendapati banyak kunang-kunang di sekelilingku. “Siapakah kalian ini? Betulkah dapat membuat wajahku kembali cantik?” tanyanya. “Kami adalah utusan Dewi Bulan. Kami diminta untuk membawamu ke sini karena kau gadis baik hati”, kata kunang-kunang. Perasaanku campur aduk, antara takut, khawatir, dan heran. Namun, kuberanikan diri menunggu di tepi danau di tengah hutan. Kunang-kunang yang tadi menemaniku pun satu per satu terbang ke langit dan menghilang, meninggalkanku sendiri dalam kegelapan.

 

D

Aku terheran mendapati banyak kunang-kunang di sekelilingku. “Siapakah kalian ini? Betulkah dapat membuat wajahku kembali cantik?” tanyaku. “Kami adalah utusan Dewi Bulan. Kami diminta untuk membawamu ke sini karena kau gadis baik hati”, kata kunang-kunang. Perasaanku campur aduk, antara takut, khawatir, dan heran. Namun, kuberanikan diri menunggu di tepi danau di tengah hutan. Kunang-kunang yang tadi menemaniku pun satu per satu terbang ke langit dan menghilang, meninggalkanku sendiri dalam kegelapan.

 

E

Mereka terheran mendapati banyak kunang-kunang di sekelilingku. “Siapakah kalian ini? Betulkah dapat membuat wajah dia kembali cantik?” tanyanya. “Kami adalah utusan Dewi Bulan. Kami diminta untuk membawamu ke sini karena kau gadis baik hati”, kata kunang-kunang. Perasaannya campur aduk, antara takut, khawatir, dan heran. Namun, kuberanikan diri menunggu di tepi danau di tengah hutan. Kunang-kunang yang tadi menemaniku pun satu per satu terbang ke langit dan menghilang, meninggalkanku sendiri dalam kegelapan.

44

Cermati teks berikut!

Manusia memiliki tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Arteri adalah pembuluh darah lebar yang menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit.

 

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...

 

A

Hanya pembuluh darah arteri yang penting

 

B

Setiap manusia memiliki tiga jenis pembuluh darah.

 

C

Pembuluh darah arteri kecil dan mengandung oksigen

 

D

Hanya pembuluh darah arteri yang penting.

 

E

Semua pembuluh vena lebar.

45

Cermati teks berikut!

           Kemarau terjadi di daerah yang beriklim tropis. Daerah yang beriklim tropis berada di sekitar garis khatulistiwa bumi. Sebagai contoh negara yang memiliki iklim tropis adalah negara-negara di Asia Tenggara, Benua Afrika bagian tengah, dan Amerika Latin bagian utara. Di daerah itulah sering terjadi kemarau panjang sehingga suhu di daerah tersebut tergolong tinggi.

           Musim kemarau terjadi saat matahari seolah-olah terbit di sebelah utara atau tepatnya matahari berada di titik 23,5 derajat LU. Matahari saat itu berada seakan di belahan bumi bagian utara, sehingga menyebabkan tekanan udara di bumi utara menjadi rendah. Karena udara mengalir dari daerah bertekanan tinggi ke rendah, maka udara dari belahan bumi selatan (Australia) yang bertekanan tinggi dan bersifat kering akan menuju utara. Udara yang mengalir dari Australia menuju Asia akan melewati Indonesia. Hal ini menjadi penyebab terjadinya musim kemarau di Indonesia.

https://www.dosenpendidikan.co.id/contoh-teks-eksplanasi/

Ringkasan yang tepat untuk kutipan teks tersebut adalah ...

 

 

A

Kemarau terjadi di daerah yang beriklim tropis. Musim kemarau terjadi saat matahari berada di titik 23,5 derajat LU.

 

B

Kemarau terjadi di daerah yang beriklim tropis. Musim kemarau terjadi di negara Asia Tenggara, Benua Afrika bagian tengah, dan Amerika Latin bagian utara.

 

C

Kemarau panjang terjadi di daerah beriklim tropis yang berada di sekitar garis khatulistiwa. Musim kemarau terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara yang bersifat kering.

 

D

Musim kemarau terjadi di negara Asia Tenggara, Benua Afrika bagian tengah, dan Amerika Latin bagian utara. Musim kemarau terjadi saat matahari berada di titik 23,5 derajat LU.

 

E

Kemarau terjadi di daerah yang beriklim tropis.  Musim kemarau terjadi saat matahari berada di titik 23,5 derajat LU.

46

Cermati teks berikut!

 

Kebiasaan merokok sudah mengakar di masyarakat kita. Menurut data Kementerian Kesehatan, setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal diakibatkan rokok. Namun, butuh waktu yang cukup lama untuk melihat efek rokok pada tubuh. Menurut dr. Ari Wibowo, asap yang diisap oleh perokok secara perlahan akan menggerogoti organ pernafasan meraka seperti paru-paru, tenggorokan, jantung, dan lain-lainnya. Semakin sering mengisap asap rokok, maka akan semakin cepat proses tersebut.

 

https://semaur.com/contoh-karangan-argumentasi-adalah/

 

Simpulan isi paragraf tersebut yang benar adalah ...

 

A

Setiap 10 menit sekali ada orang meninggal diakibatkan rokok.

 

B

Himbauan Kementerian Kesehatan untuk para perokok aktif.

 

C

Dampak buruk kebiasaan merokok pada kesehatan tubuh.

 

D

Kebiasaan merokok masyarakat Indonesia.

 

E

Asap rokok akan menggerogoti paru-paru.

47

Cermati teks berikut!

 

Jumlah sampah plastik di Indonesia saat ini sudah menjadikan Indonesia sebagai negara pembuang sampah plastik ke laut terbanyak kedua di dunia setelah negera Cina. “Berdasarkan data statistik persampahan domestik Indonesia, jumlah sampah plastik yang mencapai 5,4 juta ton per tahun itu hanya 14% dari produksi sampah di Indonesia,” tutur Sri Bebassari selaku Ketua Umum Indonesia Solid Waste Assosiation (InSWA). Masalah lingkungan yang serius ini harus segera diatasi dengan mengurangi penggunaan plastik di muka bumi ini. Setidaknya kita dapat mengurangi persentase kerusakan lingkungan saat ini. Membawa botol minum, tempat makan, dan tas belanja adalah salah satu cara untuk mengurangi penggunaan plastik saat ini.

 

http://cahyati17.blogspot.com/2016/10/sampah-penghancur-lingkungan-oleh.html

 

Komentar yang tepat terhadap isi teks tersebut adalah ...

 

A

Indonesia menjadi negara pembuang sampah plastik ke laut terbanyak kedua di dunia.

 

B

Jumlah sampah plastik di Indonesia mencapai 5,4 juta ton per tahun.

 

C

Sampah plastik menjadi masalah lingkungan yang serius.

 

D

Gunakan tas belanja dari rumah untuk mengurangi plastik.

 

E

Masyarakat Indonesia seharusnya mulai melakukan gerakan pengurangan sampah plastik.

48

Bacalah dengan cermat data buku berikut!

Judul buku       : Amazing Japan! (Membangun Karakter dari Sekolah)

Penulis             : Weedy Koshino

Penerbit          : Kompas

Kelebihan        : Bahasa sederhana dan gaya penulisan mengalir.

Kekurangan     : Terdapat beberapa kesalahan ejaan.

 

Paragraf ulasan yang sesuai data tersebut adalah ....

 

A

Buku Amazing Japan merupakan buku karangan Weedy Koshino yang diterbitkan oleh Kompas. Buku tersebut yang berisi catatan pengamatan yang dilakukan penulis selama ia tinggal di Jepang. Selain membahas mengenai masyarakat Jepang yang bersih dan disiplin, penulis mengungkap bagaimana sekolah-sekolah di Jepang menerapkan pendidikan karakter pada peserta didiknya. Gaya berceritanya cukup unik. Namun, sangat disayangkan tampilan buku kurang menarik.

 

B

Buku Amazing Japan merupakan buku karangan Weedy Koshino yang diterbitkan oleh Kompas. Buku tersebut yang berisi catatan pengamatan yang dilakukan penulis selama ia tinggal di Jepang. Selain membahas mengenai masyarakat Jepang yang  bersih dan disiplin, penulis mengungkap sekolah-sekolah di Jepang menerapkan pendidikan karakter pada peserta didiknya. Weedy menggunakan bahasa sederhana dan gaya penulisan yang mengalir menarasikan setiap peristiwa. Oleh karena itu, buku ini mudah dipahami pembaca. Sedikit kekurangan buku ini adalah adanya beberapa kesalahan penulisan ejaan.

 

C

Buku Amazing Japan karangan Weedy Koshino diterbitkan oleh Kompas. Buku tersebut berisi tentang perjalan wisata Weedy selama berada di Jepang. Ia menceritakan semua pengalaman yang dilihatnya di Jepang. Gaya berceritanya cukup unik. Namun, sangat disayangkan tampilan buku kurang menarik karena beberapa ilustrasi terbatas pada warna hitam putih.

 

D

Weedy Koshino menulis sebuah buku berjudul Amazing Japan yang diterbitkan oleh Kompas. Buku tersebut yang berisi catatan pengamatan yang dilakukan penulis selama ia tinggal di Jepang.  Weedy menggunakan bahasa sederhana dan gaya penulisan yang mengalir menarasikan setiap peristiwa yang ia amati. Namun, sayangnya tampilan kover buku kurang menarik untuk ukuran sebuah buku inspiratif tersebut.

 

E

Weedy Koshino menulis sebuah buku berjudul Amazing Japan yang diterbitkan oleh Kompas. Buku tersebut yang berisi catatan pengamatan yang dilakukan penulis selama ia tinggal di Jepang. Selain membahas mengenai masyarakat Jepang yang bersih dan disiplin, penulis mengungkap bagaimana sekolah-sekolah di Jepang menerapkan pendidikan karakter pada peserta didiknya. Gaya berceritanya cukup unik. Tampilan buku sangat  menarik.

49

Bacalah kutipan cerita narasi berikut dengan cermat!

“Kita ini miskin, Halimah. Mereka tahu benar hal itu. Mereka boleh saja menebak isi dapur kita, tapi tak boleh tahu seberapa tinggi harga diri kita. Tak ada yang gratis sekarang ini, Halimah. Bungkusan itu tidaklah gratis seperti apa yang kau pikirkan, mereka akan hitung sebagai utang. Mahal sekali nanti bayaran yang harus kita beri.”

Halimah mengangguk, tak mau berdebat.

“Kau tau, bungkusan itu diantarkan orang-orang ke rumah kita ini sebagai perniagaan. Mereka hendak membeli keberanian kita. Mereka hendak membungkam suara kita. Mereka hendak menumpulkan logika kita. Sekali saja, salah satu dari bungkusan itu masuk ke perut, kita harus membayar mahal sekali. Bila memakan isi bungkusan itu, kita harus memilih mereka sebagai pemimpin. Setelah itu, kau tak boleh protes, marah, apalagi berteriak kalau mereka melakukan kesalahan atau merampas hak-hakmu. Aku tak mau itu terjadi. Aku tak mau, otak di tempurung kepala anak-anak kita membeku sehingga tak bisa berpikir waras. Aku tidak mau anak-anak kita kehilangan hak dan kehilangan kemampuan untuk melihat semuanya dengan baik.”

Halimah menarik napas panjang, “Aku paham, Bang. Tapi ....“

“Besok, akan kubelikan minyak goreng,” Bak memotong kalimat istrinya. Ia hendak beranjak dari tangga. Namun, saat hendak melangkah naik, tiga sepeda motor berhenti di depan rumah.

“Ini! Bawa kembali. Katakan pada ‘Pak Bos’ aku tidak menjual kemiskinan dan harga diri keluargaku.” Ia menyodorkan karung itu beserta amplop yang baru diterima.

 

(Cerpen Paket karya Iin Indriani)

Akibat konflik dari kutipan cerpen di atas adalah….

 

 

A

Halimah dilarang menerima bungkusan sembako oleh suaminya.

 

B

Halimah mendapatkan kiriman bungkusan sembako.

 

C

Halimah tidak ingin berdebat dengan suaminya perihal sembako

 

D

Suami Halimah mengembalikan bungkusan sembako.

 

E

Suami Halimah menyodorkan amplop dan karung.

 

 

 

50

Bacalah dengan cermat teks berikut!

(1) Terjadinya gerhana matahari ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit bumi. (2) [.…] (3) Walaupun bulan berukuran sekitar 400 kali lebih kecil daripada matahari, bulan terletak sekitar 400 kali lebih dekat ke bumi sehingga kedua benda langit ini tampak hampir sama besar di langit bumi. (4) Karena orbit bulan berbentuk elips, jaraknya dari bumi sedikit berubah-ubah sehingga kadang tampak lebih besar dan mampu menutupi matahari (menyebabkan gerhana matahari total).

 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks yang rumpang pada nomor (2) tersebut adalah ...

 

A

Mengamati gerhana matahari secara langsung dapat membahayakan mata karena di luar fase gerhana total radiasi dari matahari akan langsung memancar ke retina.

 

B

Kedua peristiwa gerhana ini terjadi dengan jadwal yang berbeda, bulan baru terjadi setiap 29,53 hari.

 

C

Gerhana matahari tidak terjadi di setiap fase bulan baru karena orbit bumi memiliki kemiringan 50 terhadap bidang ekliptika (bidang orbit bumi mengelilingi matahari).

 

D

Seluruh cahaya matahari tersebut tidak akan terlihat oleh manusia di  bumi, saat beberapa jam pertama.

 

E

Berdasarkan cara tertutupnya matahari, terdapat empat jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, cincin, sebagian, dan hibrida campuran.

 

 

 

 

PPPK_bhs Indonesia

logoblog

» Thanks for reading: CONTOH SOAL PPPK BAHASA INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label