Catatan, trik, download, tentang dunia pendidikan, komputer


Selasa, 27 April 2021

Test Profesional Guru Kelas SD (simulasi ke 2 PGRI Kab.Semarang) Simulasi PPPK 2021

Posted by on Selasa, 27 April 2021

 

1    Teori pemerolehan bahasa yang menyatakan bahwa kematangan bernalar berbanding lurus dengan kemampuan berbahasa adalah ....

    A  interaksionisme

    B  kognitivisme  √

    C  behaviorisme

    D  nativisme 

    E  empirisme

2    Di tahap ini anak sudah memahami konsep sebab-akibat secara rasional dan sistematis. Sikap egosentrisnya perlahan mulai berkurang, dan mulai memahami jika tidak semua orang dapat mengutarakan pemikiran, dan perasaannya. Pernyataan tersebut dialami oleh anak pada tahap … pada usia …

    A    sensori motor usia 0-2 tahun

    B    pra operasional 2-7 tahun

    C    operasional konkret 7-11 tahun   √

    D    operasional formal 12-14 tahun

    E    operasional abstrak formal 15-17 tahun

3    Guru berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif, serta mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam program pembelajaran guna mengatasi kesulitan belajar peserta didik, merupakan kompetensi ....

    A    sosial  √

    B    humanis

    C    pedagogik

    D    kepribadian

    E    professional

4    Guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi yang digunakan sebagai pertimbangan membuat kebijakan. Indikator tersebut menunjukkan bahwa guru dapat ....

    A    memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

    B    menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan

    C    menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar

    D    memanfaatkan hasil refleksi dan penilaian untuk pengembangan mata pelajaran yang diampu

    E    mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan  √

5    Teknologi telah berkembang dengan pesat. Peran guru dalam pembelajaran abad 21 sebaiknya ....

    A    memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporer

    B    memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran

    C    menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran

    D    menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar  

    E    mengutamakan agar peserta didik menguasai materi

6    Menyusun program semester merupakan tugas pokok guru dalam hal ....

    A    membimbing peserta didik

    B    merencanakan pembelajaran

    C    melaksanakan pembelajaran

    D    menilai hasil pembelajaran

    E    melakukan penilaian pembelajaran

7    Dalam mengembangkan kurikulum perlu memperhatikan aspek potensial seperti berikut ini, kecuali ....

    A    kedalaman materi, ruang lingkup, keluasan materi dan relevansi materi

    B    kesesuaian materi dan kompetensi menjawab tantangan masa depan

    C    kesinambungan materi, kemasan materi, dan strategi penyampaian

    D    integrasi materi dan kesesuaian materi dengan kompetensi

    E    urutan materi dan ruang lingkup materi

8    Pak Eko adalah seorang guru menemukan suatu model pembelajaran yang sangat inovatif dan kemudian dipublikasikan oleh seorang wartawan di suatu media massa. Berdasarkan pernyataan tersebut, kegiatan yang dilakukan Pak Eko merupakan upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam katagori....

    A    karya inovatif teknologi tepat guna

    B    karya inovatif menciptakan karya

    C    publikasi ilmiah di media massa

    D    pengembangan diri fungsional

    E    pengembangan diri kolektif

9    Banyaknya    situs    komunikasi    dalam    media    sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan myspace membuat komunikasi dan  saling bertukar informasi semakin mudah. Perkembangan digital ini menuntut baik pendidik dan peserta didik bukan hanya mampu mencari dan memanfaatkan informasi saja, melainkan juga mampu menciptakan (create) informasi di internet. Pemanfaatan pembelajaran digital tersebut, termasuk dalam kategori potensi ....

    A    akses informasi

    B    alat komunikasi

    C    media pembelajaran

    D    pemanfaatan informasi

    E    pendidikan dan pembelajaran

10   Hasil analisis kondisi pembelajaran menunjukkan, semua siswa memiliki handphone, kompetisi dan kerjasama tim rendah, guru perlu memberikan umpan balik yang cepat dan spesifik pada siswa terutama dalam penyelesaian tugasnya, siswa perlu aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan memahami betul tujuan yang akan dicapai, dan semua siswanya menyukai tantangan.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, guru sebaiknya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan ....

    A  e-learning

        B  social media

        C  mobile learning

        D  cloud computing

        E  games based learning

11   Untuk membantu peserta didik mencapai target pembelajaran, pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana dahulu kemudian materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah dahulu kemudian soal yang sulit. Hal itu merupakan implikasi pendidikan dari prinsip atau hukum perkembangan yaitu perkembangan …

        A  berlansung secara kompleks

        B  berlangsung secara bertahap

        C  berlangsung sesuai iramanya

        D  dapat dipercepat melalui proses belajar

        E  belajar yang awalnya diferensiasi akhirnya integrasi

12   Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran, karena dalam teori belajar ini ...

        A  mudah dalam mengevaluasi hasil belajar

        B  siswa diberi tugas, sehingga belajar lebih aktif

        C  menempatkan siswa sebagai subjek belajar

        D  siswa belajar dalam kelompok, maka tugas guru lebih ringan

        E  menempatkan siswa sebagai objek penting dalam kegiatan belajar

13   Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar IPA yang sering dialami peserta didik usia sekolah dasar yaitu ….

        A  pelajaran IPA ditakuti 

        B  banyak istilah latinnya

        C  rendahnya IQ peserta didik

        D  tidak berminat belajar IPA

        E  kurangnya perhatian dari orangtua

14   Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….

        A  soal jawaban singkat             

        B  soal uraian objektif       

        C  soal pilihan ganda                 

        D  rubrik penilaian

        E  tes performance

15   Bu Nila akan membalajarkan materi listrik statis. Beliau ingin mengemas pembelajaran seperti bermain sulap. Berbagai alat dan bahan sederhana sudah disiapkan. Para siswa juga diminta untuk membawa peralatan tersebut. Model pembelajaran yang cocok diterapkan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah . . . .

    A  inkuiri

    B  discovery

    C  kooperatif

    D  demonstrasi dan praktik

    E  problem based learning

16   Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia dasar ketuhanan Yang Maha Esa hendaklah menjamin, kecuali...

    A  kemerdekaan tiap penduduk untuk memeluk agama atau kepercayaan masing-masing

    B  kemerdekaan tiap penduduk untuk beribadat sesuai dengan agama atau kepercayaan nya

    C  negara berdasar Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab

    D  negara terbentuk dalam suatu susunan negara berdasar agama mayoritas yang dianut warga negaranya

    E  kebebasan setiap warga negara untuk menjamin kerukunan hidup intern dan antara umat beragama

17   Salah satu lembaga baru yang lahir setelah amandemen UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 adalah DPD. Gagasan dasar pembentukannya adalah adanya keinginan untuk lebih mengkomodasi kepentingan daerah yang sebelumnya terabaikan, dan sekaligus memberikan peran kepada daerah dalam proses pengambilan keputusan untuk masalah-masalah otonomi daerah. Hal ini berarti DPD sebagai...

    A  penyalur aspirasi rakyat di setiap provinsi

    B  bagian dari struktur kekuasaan pemerintahan

    C  penghubung antara pemerintah pusat dan daerah

    D  lembaga negara dalam bidang legislatif

    E  lembaga negara yang bersifat independen

18   Dalam pengembangan pembelajaran PKn SD, sebaiknya guru dapat memahami karakteristik anak SD. Di bawah ini adalah salah satu dari karakteristik siswa SD , yaitu ....

    A  pengetahuan yang diperoleh diberikan secara abstrak

    B  lebih mudah memahami hal yang abstrak

    C  kemampuan berpikir secara kompleks

    D  kemampuan berpikir secara parsial

    E  cenderung bermain sambil belajar

19   Ketika guru dalam pembelajaran PPKn SD Kelas 4 dengan KD “Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan”, maka penilaian praktik menggunakan rubrik holistik dilakukan dengan cara ....

    A  membuat pensekoran secara rinci untuk menilai presentasi siswa tentang berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan

    B  menguraikan komponen yang akan dinilai dalam presentasi siswa tentang berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan

    C  memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menilai presentasi tentang berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan

    D  menilai kesan umum terhadap presentasi siswa tentang berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan

    E  mengukur kelancaran presentasi siswa tentang berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan

20   Dampak yang paling besar dirasakan masyarakat dari penyelanggaraan pemerintah yang tidak transparan adalah ....

    A  munculnya perbedaan tingkat kemakmuran yang mencolok

    B  munculnya sikap apatisme masyarakat terhadap pemerintah

    C  maraknya tindak korupsi di segala aspek kehidupan

    D  sering dilakukan pergantian pejabat pemerintahan

    E  terabaikan kepentingan masyarakat

21   Banyaknya kasus kekerasan anak dalam keluarga diakibatkan oleh ....

    A  semakin sulitnya orang tua dalam memenuhi kebetuhan ekonomi

    B  posisi ibu yang selalu disalahkan karena tidak bebekerja

    C  belum dipahaminya hak dan kewajiban anak dalam keluarga dan masyarakat

    D  sosialisasi Undang-Undang tentang anak yang belum menyeluruh

    E  orang tua terlalu sibuk di luar rumah sehingga anak tumbuh tanpa perhatiannya

22   Dalam kasus banyaknya pejabat politik yang ditetapkan menjadi tersangka korupsi menjadi bukti dari ....

    A  kesalahan dalam sistem penggajian pejabat publik

    B  lemahnya moralitas dan integritas pejabat publik

    C  kurangnya pengawasan terhadap pejabat publik

    D  tidak adanya perundang-undangan korupsi

    E  adanya sejumlah uang yang menggoda pejabat publik

23   Kemampuan awal yang dimungkinkan muncul ketika mengajarkan membaca permulaan yaitu keterampilan membaca ….

    A  lancar

    B  nyaring

    C  cepat

    D  memindai

    E  pemahaman

24   Ciri struktur bahasa Indonesia baku ditunjukkan pada kalimat ...

    A  Ani bapaknya bekerja di bank.

    B  Dia punya anak sudah duduk di kelas II SD.

    C  Cuma dia yang selalu ada dalampikirannya.

    D  Ia lempar anjing gila yang lewat di depanrumahnya.

    E  Dia sudah mampu berjalan dengan sempurna setelah diopname di RS.

25   Para siswa yang memiliki teman pengguna narkoba hendaknya waspada. Frase yang menyatakan keterangan subjek dalam kalimat adalah ….

    A  para siswa

    B  pengguna narkoba

    C  yang memiliki teman

    D  teman pengguna narkoba

    E  yang memiliki teman pengguna narkoba

26   Memberikan rangsangan dalam bentuk komunikasi bebas dan menyediakan sarana perkembangan bahasa seperti buku-buku, surat kabar, majalah, dan lain-lain di sekolah maupun di rumah akan lebih mengembangkan kemampuan bahasa anak dan membentuk pola bahasa masing-masing. Hal ini sejalan dengan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan bahasa anak, yaitu....

    A  perkembangan

    B  lingkungan

    C  psikologis

    D  biologis

    E  bakat

27   Bacalah paragraf berikut!

(1) Pendidikan merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi peluang kerja seseorang.

(2) Biasanya semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan.

(3) Namun, ada juga yang menilai dari tingkat keahliannya.

(4) Untuk mengatasi pengangguran diperlukan pendidikan khusus.

(5) Melalui pendidikan yang berbasis keahlian, seperti vokasi, diharapkan dapat menajdi alternatif untuk mengatasi jumlah pengangguran di Indonesia.

Kalimat utama paragraf tersebut pada kalimat nomor ....

    A  1 √

    B  2

    C  3

    D  4

    E  5

28   Perhatikan urutan kalimat berikut!

(1)  Kupas bawang bombai dan iris tipis-tipis!

(2)  Haluskan semua bumbu!

(3)  Campurkan semua bahan dengan bumbu yang sudah dihaluskan!

(4)  Masukkan bahan tersebut ke dalam cetakan!

(5)  Hidangan siap disajikan!

(6)  Panaskan dalam oven dengan temperature 80°C selama 20 menit!

(7)  Siapkan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan!

Urutkan kalimat tersebut yang tepat agar menjadi paragraf eksposisi yang padu adalah ....

    A  (7), (2), (1), (3), (4), (6), dan (5)

    B  (7), (2), (1), (4), (3), (6), dan (5)

    C  (7), (1), (2), (3), (4), (6), dan (5)

    D  (7), (1), (2), (4), (3), (6), dan (5)

    E  (7), (1), (2), (3), (6), (4), dan (5)

29   Walaupun tiap hari berpeluh keringat, tak sedikit pun Fahri mengeluh. Semangatnya keras bagaikan baja.

Kalimat tersebut menggunakan majas ....

    A  metafora             

    B  asosiasi      

    C  personifikasi     

    D  metonimia           

    E  sinekdoke

30   Jika x habis dibagi 2, maka x bilangan genap. Pernyataan tersebut ekuivalen dengan ....

    A  jika x bilangan ganjil maka x tidak habis dibagi 2

    B  jika x bilangan genap maka x habis dibagi 2

    C  jika x tidak habis dibagi 2 maka x bilangan ganjil

    D  jika x bukan bilangan ganjil maka x habis dibagi 2

    E  jika x tidak habis dibagi 2 maka x bukan bilangan genap

31   Ani menyusun parsel lebaran untuk dibagi-bagikan kepada sebanyak mungkin fakir miskin. Setiap fakir miskin mendapatkan jenis dan jumlah barang yang sama. Bahan yang dimiliki Ani adalah 150 kg beras, 250 kg gula, dan 100 liter minyak goreng. Keranjang yang digunakan Ani untuk tempat parsel sebanyak ....

    A  5

    B  25

    C  75

    D  50

    E  100

32   Perhatikan operasi hitung  berikut!

-2 + 0 = 0 + -2 = 0

-1 + 0 = 0 + -1 = 0

0 + 0 = 0 + 0 = 0

1 + 0 = 0 + 1 = 0

2 + 0 = 0 + 2 = 0

3 + 0 = 0 + 3 = 0

Maka 10 + 0 = … +...=…

Jika siswa tidak mampu menjawab isisan tersebut, maka disimpulkan bahwa siswa tersebut belum memahami ….

    A  bilangan negative

    B  konsep perkalian

    C  sifat identitas

    D  sifat transitif

    E  sifat asosiatif

33   Yunita menampung air dalam sebuah bak mandi. Bak tersebut dapat diisi penuh air dengan 9 ember kecil dan 4 ember besar. Bak mandi tersebut dapat pula diisi penuh dengan 6 ember kecil dan 6 ember besar. Perbandingan volume ember besar dan ember kecil adalah...

    A  4:3

    B  3:2

    C  9:4

    D  3:1

    E  2:1

34   Hasil dari operasi hitung 4 +125 – 4 – (–4) + 20 x 5 = ….

    A  229

    B  231

    C  3

    D  -231

    E  -229

35   Diagram lingkaran berikut menunjukkan jenis ekstra kelas VI di SD Sukamaju. Jika banyaknya anak kelas VI yang mengikuti ekstra musik 27 anak.maka banyak anak yang ikut ekstra tari adalah….siswa

    A  12

    B  10

    C  14

    D  16

    E  18

36   Luas bangun yang diarsir adalah....

    A  182 cm2

    B  308 cm2

    C  336 cm2

    D  259 cm2

    E  256  cm2

37   Lulu dan Ika akan melakukan percobaan. Bahan dan alat yang disediakan adalah: batang yang terbuat dari plastic, kayu, tembaga, dan besi dengan panjang dan besar yang sama yang setiap ujungnya diolesi mentega, gelas berisi air panas. Variable bebas percobaan Lulu dan Ika adalah ….

    A  besar kecilnya batang

    B  olesan mentega

    C  jenis batang

    D  air panas

    E  suhu air

38   Dua buah sendok di masukkan kedalam gelas yang berisi air dingin. Sendok yang satu terbuat dari stainlisstel dan sendok lainnya terbuat dari plastic. Setelah beberapa lama, maka suhu sendok plastic tersebut adalah …

    A  sama dengan stainlesstel

    B  lebih dingin daripada stainlesstel

    C  lebih panas dari sendok stainless steel

    D  tergantung suhu airnya dan kepekaan tangan

    E  tergantung suhu lingkungan dan kepekaan tangan

39   Ikan remora selalu hidup berdampingan dengan ikan hiu.

Alasan dari hubungan tersebut adalah ….

    A  ikan hiu membutuhkan ikan remora untuk membersihkan sisa makanan

    B  ikan remora menjadi tidak aman dari ancaman ikan pemangsa lain

    C  ikan remora memperoleh sisa makanan dari ikan hiu

    D  ikan hiu menjadi sehat karena tubuhnya bersih

    E  Ikan remora membutuhkan perlindungan

40   Perhatikan pernyataan berikut!

Kondisi mata yang terjadi karena lensa mata tidak dapat dipipihkan sebagaimana mestinya sehingga bayangan dari benda yang letaknya jauh akan jatuh di depan retina.

Berdasarkan ciri tersebut merupakan kondisi cacat mata .... dan dapat ditolong dengan menggunakan lensa ....

    A  miopi, cekung

    B  miopi, cembung

    C  hipermetropi, cekung

    D  rabun, cekung

    E  rabun, cembung

41   Berikut ini adalah fase pernapasan yang terjadi pada saat seseorang bernapas: otot diafragma berkontraksi, rongga dada membesar, tekanan udara di rongga dada mengecil, berdasarkan urutan peristiwa pernapasan di atas, fase pernapasan yang terjadi adalah ...

    A  inspirasi pernapasan dada

    B  ekspirasi pernapasan perut

    C  inspirasi pernapasan perut

    D  ekspirasi pernapasan internal

    E  inspirasi pernapasan eksternal

42   Perhatikan gambar!

Pembuatan  magnet pada gambar (1) dan (2) dengan cara ....

    A  elektromagnet dan induksi

    B  menggosok dan electromagnet

    C  induksi dan electromagnet

    D  induksi  dan menggosok

    E  electromagnet  dan menggosok

43   Perhatikan gambar berikut!

 

 

Pada rangkaian listrik di atas, yang menyala lampu 4 dan 5 sedangkan lampu 1, 2, dan 3 padam, maka yang sedang terjadi ….

    A  saklar 1 (S1) diputus, saklar 2 (S2) disambung

    B  saklar 1 (S1) disambung, saklar 2 (S2) diputus

    C  saklar 1 (S1) sambung, saklar 2 (S2) disambung

    D  saklar 1 (S1) dan saklar 2 (S2) diputus

    E  saklar 1 (S1) dan saklar 2 (S2) disambung

44   Perhatikan penyataan berikut:

(1) letak astronomis Indonesia 6 LU – 11 Ls

(2) ibu kota Indonesia adalah Jakarta

(3) penghasil tembakau wilayah yang bersuhu udara panas

(4) cerita rakyat mengandung Majas narasi

(5) ITB berada di bandung.

Yang termasuk fakta dalam pembelajaran IPS SD adalah ….

    A  1,2,3

    B  2,3,4

    C  3,4,5

    D  1,3,4

    E  1,2,5

45   Melestarikan lingkungan hidup menjadi tanggung jawab semua komponen yang berada di sekolah tersebut. Salah satu contoh penerapan pengunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS di sekolah dasar adalah ....

    A  membuat tanaman hidroponik

    B  mencegah kerusakan lingkungan

    C  menghemat penggunaaan listrik

    D  mengendalikan pencemaran lingkungan

    E  meningkatkan potensial kebersihan kelas

46   Konsep ruang dan waktu dalam dinamika kehidupan global sangat berkaitan erat. Contoh langsung yang dapat terlihat adalah ....

    A  kebangkitan nasional tahun 1908 sebagai tanggal lahirnya rasa kebangsaan

    B  dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. soekarno hatta

    C  melaksanakan pengibaran bendera merah putih lepas dari pengaruh jepang

    D  unjuk rasa menuntut agar RUU anti pornografi dan pornoaksi segera disahkan

    E  konflik antar etnis, ras, suku mengundang perhatian masyarakat dunia

47   Dalam kehidupan di era global, perilaku masyarakat harus didasarkan pada ....

    A  nilai-nilai yang sesuai kepribadian bangsa Indonesia

    B  nilai-nilai universal yang diakui

    C  adat istiadat nenek moyang

    D  nilai-nilai Barat yang lebih maju

    E  norma yang modern

48   Ilmu Pengetahuan Sosial sebenarnya bukan merupakan bidang keilmuan atau disiplin akademis, namun IPS lebih merupakan sebagai bidang ....

    A  ilmu yang dikembangkan secara akademis

    B  kajian tentang gejala dan masalah teknologi

    C  kajian tentang gejala dan masalah sosial

    D  kajian yang dikembangkan kepentingan ilmu

    E  kajian yang dikembangkan untuk kepentingan ilmu sosial

49   Waktu indonesia bagian tengah ini sama dengan pembagian waktu internasional yaitu ....

    A  UTC+7 atau GMT + 7

    B  UTC+8 atau GMT + 8

    C  UTC+9 atau GMT + 9

    D  UTC+10 atau GMT + 10

    E  UTC+11 atau GMT + 11

50   Salah satu upaya pengelolaan SDA berdasarkan prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan untuk mengatasi masalah kerusakan, pencemaran, dan pengikisan lapisan tanah yang disebabkan arus sungai adalah ....

    A  radiasi

    B  sengkedan

    C  reboisasi

    D  pengelolaan air limbah

    E  pengembangan daerah aliran sungai (DAS)

              

logoblog

» Thanks for reading: Test Profesional Guru Kelas SD (simulasi ke 2 PGRI Kab.Semarang) Simulasi PPPK 2021

7 komentar:

  1. Terimakasih untuk soal" nya untuk belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Terima kasih banyak Pak Eko. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Terima kasih...semoga bermanfaat bagi kita semua kedepannya...

    BalasHapus
  4. Trimakasih oak, sangat bermanfaat dan sangat membantu kami

    BalasHapus

Label