Catatan, trik, download, tentang dunia pendidikan, komputer


Kamis, 14 Mei 2020

Tugas BDR Bela Diri Pencak Silat

Posted by on Kamis, 14 Mei 2020
BELA DIRI
A. Hakikat Pencak Silat
Pencak silat merupakan olahraga beladiri asli Indonesia, dapat dimainkansecara perorangan, berpasangan maupun beregu. Untuk menguasai beladiri pencak silat sangat diperlukan penguasaan teknik dasar pencak silat. Apakahkamu sudah bisa mempraktikannya dengan benar? Nah, pada bab ini kalian akan diajak memahami lebih lanjut tentang olahraga beladiri pencak silat.Setelah mempelajari materi ini diharapkan kalian bisa memahami, menghayatinilai-nilai luhur beladiri pencak silat seperti disiplin, jujur, tanggung jawab, kerjasama,dan toleransi dengan baik dan benar.
1. Pengertian Pencak Silat
Pencak silat adalah suatu cara beladiri yang menggunakan akal sepenuhnya.Akal yang dimiliki manusia lebih sempurna bila dibandingkan dengan makhlukmakhlukyang lainnya. Oleh karena itu, tidak mustahil jika manusia dapatmenguasai segala macam ilmu di dunia ini.
2. Asal-usul Pencak Silat
Di Indonesia istilah pencak silat baru mulai digunakan setelah berdirinyatop organisasi pencak silat (IPSI). Sebelumnya di daerah Sumatera lebih dikenaldengan istilah Silat, sedangkan di tanah Jawa kebanyakan dikenal dengan istilahPencak Silat.
Pada periode kepemimpinan Eddie M. Nalapraya, Indonesia memiliki hasrat untuk mengembangkan pencak silat ke mancanegara dengan mengambil prakarsa pembentukan dan pendirian Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (PERSILAT) pada tanggal 11 Maret 1980 bersama Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Keempat negara tersebut akhirnya dinyatakan sebagai negara-negara pendiri organisasi pencak silat internasional. Upaya pengembangan pencak silat yang dipelopori Indonesia dan anggota PERSILAT lainnya sampai saat ini berhasil menambah anggota PERSILAT. Penambahan anggota ini memberikan dampak pada usaha IPSI dan anggota PERSILAT lainnya untuk memasukkan pencak silat ke multi event di tingkat Asia, yaitu Asian Games, dengan membentuk organisasi Pencak Silat Asia Pasific pada bulan Oktober 1999.
Organisasi pencak silat di Indonesia yang disebut dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, diprakarsai oleh Mr. Wongsonegoro, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Pusat Kebudayaan.
B. Aktivitas Pembelajaran Beladiri Pencak Silat
Pada bab ini kamu akan mempelajari aktivitas pembelajaran pola gerak pencak silat, sikap tegak pola pembentukansikap pencak silat, sikap kuda-kuda pasang, gerak pencak silat, teknik pembelaan dan penyerangan dalam pencak silat. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut.
1. Aktivitas Pembelajaran Pola Gerak Pencak Silat
• Sikap Tegak
• Kuda-kuda
• Pola Langkah
• Pukulan
• Tendangan
• Elakan
2. Aktivitas Pembelajaran Sikap Tegak Pola Pembentukan Sikap Pencak Silat
Gerak dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali, yang mempunyai empat aspek sebagai satu kesatuan, yaitu aspek mental spiritual, aspek beladiri, aspek olahraga, dan aspek seni budaya. dengan demikian, pencak silat merupakan cabang olahraga yang cukup lengkap untuk dipelajari karena memiliki empat aspek yang merupakan satu kesatuan utuh dan
tidak dapat dipisah-pisahkan.
Bentuk pembelajaran sikap dalam pencak silat antara lain sebagai berikut.
a. Aktivitas Pembelajaran Sikap Berdiri
b. Aktivitas Pembelajaran Sikap Kuda-Kuda pasang
Sikap kuda-kuda pasang merupakan sikap untuk memulai serangan atau pembelaan yang berpola yang dilakukan pada awal atau akhir gerakan. Sikap pasang ada tiga bentuk, yaitu : (1) Sikap kuda-kuda depan pasang atas, (2) Sikap kuda-kuda belakang pasang tengah, dan (3) Sikap kuda-kuda tengah pasang bawah.
==============================================================
TUGAS
Jawablah pertanyaan di bawah ini di selembar kertas dan hasilnya di foto dikirimkan ke WA
1.       Suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali disebut . . . .
2.      Sasaran dalam melakukan gerakan, baik pada waktu melakukan pembelaan maupun serangan adalah . . . .
3.      Perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya dinamakan . . .
4.      sebutkan 3 macam kuda kuda !
5.      apa nama organisasi pencak silat di Indonesia
===============================================================
logoblog

» Thanks for reading: Tugas BDR Bela Diri Pencak Silat

2 komentar:

  1. Terima kasih pak

    BalasHapus
  2. 1.gerak dasar pencak silat
    2.pukulan
    3.langkah
    4.kuda" samping
    Kuda" depan
    Kuda" silang belakang
    5.Ikatan Pencak Silat Indonesia(IPSI)

    BalasHapus

Label